Minggu, 19 Februari 2012

SYARAT KESEIMBANGAN


Perekonomian keseimbangan pendapatan nasional akan dicapai apabila : penawaan agregat adalah sama dengan pengeluaran agregat. Penawaran agregat adalah sama dengan pendapatan nasionalnya (Y), yaitu sama dengan nilai barang dan jasa yang diproduksikan dalam perekonomian dalam suatu periode tertentu.pengeluaran agregat, atau pengeluaran yang dilakukan oleh berbagai pihak dalam perekonomian tersebut, meliputi tiga jenis perbelanjaan : komsumsi rumah tangga (C), investasi perusahaan (I) dan pengeluaran pemerintah membeli barang dan jasa (G). Jadi, keadaan yang menciptakan keseimbangan dalam perekonomian tiga sector adalah : penawaran agregat = pengeluaran agregat ( Y = AE) atau :
                        Y = C + I + G
Kegiatan sektor perusahaan untuk memproduksi barang dan jasa akan mewujudkan aliran pendapatan ke sektor rumah tangga ( gaji dan upah, sewa, bunga dan keuntungan ) dan aliran ini sama nilainya dengan pendapatan nasional (Y) dan ada tiga tujuan yaitu : membiayai konsumsi (C), ditabung (S), dan membayar pajak (T). Maka berlaku persamaan :
                        Y = C + S + T
Uraian yang terdahulu telah menunjukkan bahwa dalam keseimbangan berlaku kesamaan berikut : Y = C + I + G. Sedangkan pada setiap tingkat pendapatan nasional berlaku persamaan : Y = C + S + T. Dengan demikian pada keseimbangan pendapatan nasional berlaku kesamaan berikut :
                        C + I + G = C + S + T
Apabila C dikurangi dari setiap ruas maka :
                        I + G = S + T
Dalam perekonomian tiga sector I dan G adalah suntikan ke dalam sirkulasi ke aliran pendapatan, sedangkan S dan T adalah kebocoran. Dengan demikian, dalam keseimbangan ekonomi tiga sektor juga berlaku keadaan: suntikan = bocoran. Sebagai kesimpulan dapatlah dirumuskan bahwa dalam perekonomian tiga sektor yang mencapai keseimbangan akan berlaku keadaan yang berikut :
1.      Y = C + I + G, dan
2.      I + G = S + T

Tidak ada komentar:

Posting Komentar