Selasa, 14 Februari 2012

kewirausahaan


1.      Sebutkan perbedaan wiraswasta dan wiraswastawan serta unsur apa yang dimiliki wiraswasta ?
Jawaban :
·         Wiraswasta adalah bidang usaha / perusahaan yang di bangun oleh seseorang dengan kepribadian tertentu.
·         Wiraswastawan adalah seseorang yang memiliki kepribadian tertentu secara kualitatif lebih dari manusia pada umumnya yakni memiliki kemampuan : berdiri diatas kekuatan sendiri, mengambil resiko, menetapkan tujuan atas pertimbangan sendiri, memiliki semangat bersaing yang kuat, berorientasi yang keras, kreatif inovatif motivasi berprestasi.
            Unsur-unsur penting wiraswasta :
·         Pengetahuan
·         Keterampilan
·         Sikap mental
·         Kewaspadaan

2.      Bagaimana perkembangan franchising di Indonesia ?
Jawaban :
Perkembangan waralaba di Indonesia, khususnya di bidang rumah makan siap saji sangat pesat. Hal ini ini dimungkinkan karena para pengusaha kita yang berkedudukan sebagai penerima waralaba (franchisee) diwajibkan mengembangkan bisnisnya melalui master franchise yang diterimanya dengan cara mencari atau menunjuk penerima waralaba lanjutan. Dengan mempergunakan sistem piramida atau sistem sel, suatu jaringan format bisnis waralaba akan terus berekspansi. Ada beberapa asosiasi waralaba di Indonesia antara lain APWINDO (Asosiasi Pengusaha Waralaba Indonesia), WALI (Waralaba & License Indonesia), AFI (Asosiasi Franchise Indonesia). Ada beberapa konsultan waralaba di Indonesia antara lain IFBM, The Bridge, Hans Consulting, FT Consulting, Ben WarG Consulting, JSI dan lain-lain. Ada beberapa pameran Waralaba di Indonesia yang secara berkala mengadakan roadshow diberbagai daerah dan jangkauannya nasional antara lain International Franchise and Business Concept Expo (Dyandra),Franchise License Expo Indonesia ( Panorama convex), Info Franchise Expo ( Neo dan Majalah Franchise Indonesia).

3.      Beri 5 contoh riil usaha franchising yang bergerak di bidang pendidikan, kesehatan, salon dan perawatan, makanan dalam negeri / lokal, dan otomotif ?
Jawaban :
·         Pendidikan :
-          ILP
-          Primagama
-          Science Buddies
-          Super Kids
-          Sinotif
·         Kesehatan :
-          Frozen Yoghurt
-          Rebel Gym
-          Sinergi Fitness Center
-          Apotek K-24
-          Gold’s Gym
·         Salon dan perawatan :
-          Pure Beauty Care
-          VZ Skincare
-          Alex’s Salon Professional
-          Ristra
-          Esther House of Beauty
·         Makanan dalam negeri / local :
-          Kebab Turki
-          Wong Solo
-          Bakso Mas Edi
-          Hip Hop
-          Bolu Rasa
·         Otomotif :
-          King Auto Interior
-          Raja Motor
-          LIC Triple Polish
-          CheapNclean, Autocare Centre
-          C3 Care Center


4.      Jelaskan perbedaan kewirausahaan dengan bisnis kecil dengan contoh kasus yang nyata ?
Jawaban :
·         Kewirausahaan adalah mereka yang menanggung risiko kepemilikan bisnis dengan menanggung ekspansi dan pertumbuhan sebagai tujuan utama.
·         Bisnis kecil dioperasikan dan dimiliki secara independen serta tidak mendominasi pasarnya. Kontribusi dari bisnis kecil dapat di ukur berdasarkan efeknya terhadap 3 aspek ekonomi.
·         Contohnya : Jack Matz. Mantan eksekutif di perusahaan di Houston, kehilangan pekerjaannya ketika perusahaannya merger. Ketimbang mencari manajemen lain Matz membuka bisnis fotokopy di dekat sebuah universitas local. Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari sampai ia pensiun 10 tahun lagi. Matz adalah seorang pemilik bisnis kecil tetapi ia bukanlah wirausahawan karena ia tidak punya rencana untuk tumbuh dan berkembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar