Jumat, 17 Februari 2012

7 GAYA BELAJAR EFEKTIF



Banyak gaya yang bisa dipilih untuk belajar secara efektif. Berikut adalah tujuh gaya belajar yang mungkin bisa Anda ikuti
.
1.    Bermain dengan kata.
Gaya ini bisa kita mulai dengan mengajak seorang teman yangsenang bermain dengan bahasa, seperti bercerita dan membacaserta menulis. Gaya belajar ini sangat menyenangkan karena bisamembantu kita mengingat nama, tempat, tanggal, dan hal-hallainya dengan cara mendengar kemudian menyebutkannya.
.
2.    Bermain dengan pertanyaan.
Bagi sebagian orang, belajar makin efektif dan bermanfaat bila itudilakukan dengan cara bermian dengan pertanyaan. Misalnya, kitamemancing keinginan tahuan dengan berbagai pertanyaan. Setiaopkali muncuil jawaban, kejar dengan pertanyaan, hingga didapatkanhasil yang paling akhirnya atau kesimpulan.

3.    Bermain dengan gambar.
Anda sementar orang yang lebih suka belajar dengan membuatgambar, merancang, melihat gambar, slide, video atau film. Orangyang memiliki kegemaran ini, biasa memiliki kepekaan tertentudalam menangkap gambar atau warna, peka dalam membuatperubahan, merangkai dan membaca kartu. Jika Anda termasukkelompok ini, tak salah bila Anda mencoba mengikutinya.

4.    Bermain dengan musik.

Detak irama, nyanyian, dan mungkin memainkan salah satuinstrumen musik, atau selalu mendengarkan musik. Ada banyakorang yang suka mengingat beragam informasi dengan caramenginat notasi atau melodi musik. Ini yang disebut sebagai ritmehidup. Mereka berusaha mendapatkan informasi terbaru mengenaiberagam hal dengan cara mengingat musik atau notasinya yangkemudian bisa membuatnya mencari informasi yang berkaitandengan itu. Misalnya mendegarkan musik jazz, lalu tergeliikbagaimanalagu itu dibuat, siapa yang membuat, dimana, dan padasaat seperti apa lagu itu muncul. Informasi yang mengiringi lagu itu,bisa saja tak sebatas cerita tentang musik, tapi juga manusia,teknologi, dan situasi sosial politik pada kurun waktu tertentu.

5.    Bermain dengan bergerak.
Gerak manusia, menyentuh sambil berbicara dan menggunakantubuh untuk mengekspresikan gagasan adalah salah satu carabelajar yang menyenangkan. Mereka yang biasanya mudahmemahami atau menyerap informasi dengan cara ini adalahkalangan penari, olahragawan. Jadi jika Anda termasuk kelompokyang aktif, tak salah mencoba belajar sambil tetap melakukanberagam aktivitas menyenangkan seperti menari atau berolahraga.

6.    Bermain dengan bersosialisasi.
Bergabung dan membaur dengan orang lain adalah cara terbaikmendapat informasi dan belajar secara cepat. Dengan berkumpul,kita bisa menyerap berbagai informasi terbaru secara cepat danmudah memahaminya. Dan biasanya, informasi yang didapatdengan cara ini, akan lebih lama terekam dalam ingatan.


7.    Bermain dengan Kesendirian.
Ada sebagian orang yang gemar melakukan segala sesuatunya,termasuk belajar dengan menyepi. Untuk mereka yang seperti ini,biasanya suka tempat yang tenang dan ruang yang terjagaprivasinya. Jika Anda termasuk yang seperti ini, maka memilikikamar pribadi akan sangat membantu Anda bisa belajar secaramandiri.(Sumber TEMPO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar