Minggu, 19 Februari 2012

PENGERTIAN KELOMPOK


pengertian Kelompok (Group)
            Kelompok adalah merupakan kumpulan atau berkumpulnya beberapa orang. Beberapa ukuran umum yang bisa di pakai dalam pengertian kelompok yaitu sebagai berikut:
1.      Orang-orang yang mempunyai perhatian bersama dan tujuan bersama.
2.      sebagai suatu kumpulan yang mempunyai kualitas umum.
3.      Suatu kelompok ditandai oleh interaksi anggota-anggotanya
4.      Ada kemauan dan persetujuan/kesepakatan antaranggotanya .
5.      Ada hubungan antara besarnya kelompok dengan fungsi kelompok itu.
Ada beberapa bentuk kelompok yang masing-masing bentuk kolompok memiliki kekhususan. kelompok-kelompok tersebut  antara lain sebagai berikut:
1.      Chums                                     : Sahabat karib
2.      Cligue                                      : Komplotan sahabat
3.      Crowds                                   : Kelompok banyak remaja/gerombolan
4.      Kelompok terorganisir            : Organisasi formal
Sahabat karib (chumbs ) merupakan pola hubungan antara dua orang yang biasanya sejenis. Mereka mempunyai ikatan emosional yang kuat untuk selalu bersama. Antara yang satu dengan yang lainnya saling memahami dan saling pengertian,mempunyai rasa solidaritas yang tinggi. Aktivitas keseharian sering dilakukan bersama-sama,Toleransi mereka rendah terhadap masuknya orang lain. Apabila  yang suatu menerima orang lain,bergaul dengan orang lain,maka timbul rasa cemburu sosial.Ia merasakan tidak di perhatikan ,dikesampingkan,dan merasa sudah tidak dibutuhkan.
 Komplotan sahabat  (cligue ) merupakan pola hubungan seperti chumbs tetapi  anggotanya lebih luas ( lebih 2 orang ). Ikatan emosionalnya sangat kuat antara anggota yang satu dengan lainnya. Toleransi terhadap orang lain diluar kelompoknya sangat rendah.Minat anggota kelompok terhadap suatu objek kebanyakan juga sama. Ikatan kelompok diujudkan dalam kebersamaan dan dalam bentuk suatu atribut/lambang/simbol  yang menunjukkan ciri khas mereka. Solidaritas terhadap anggota kelompok sangat tinggi.
    Kelompok banyak orang (crowds ) merupakan pola hubungan sosial yang terdiri dari banyak orang. Secara emosional ikatan antaranggota tidak kuat. Mereka mempunyai toleransi terhadap masuknya anggota baru. Belum mempunyai arah dan tujuan yang jelas, sehingga tidak ada struktur kekuasaan yang terbangun dalam kelompok tersebut.
    Kelompok terorganisir merupakan pola hubungan sosial yang sengaja dibentuk untuk tujuan tertentu. Struktur pola hubungan antaranggotanya sudah ditentukan sebelumnya,sehingga ikatan kelompok ditentukan oleh keanggotanya. Ikatan emosional antaranggotanya tidak kuat ( relatife kurang ),contoh dari kelompok ini misalnya: OSIS,pramuka, karang taruna,dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar