Rabu, 15 Februari 2012

DIET UNTUK GOLONGAN DARAH B


Pemilik golongan darah B memiliki kelebihan atau keuntungan tersendiri jika kita bicara tentang rancangan diet berdasarkan golongan darah. Pemilik golongan darah ini memiliki kemampuan yang lebih besar dalam memecah lemak,karbohidrat, dan protein hewani, sehingga mereka mempunyai variasi menu yang lebih banyak daripada pemilik golongan darah lain. Selain memiliki lebih banyak pilihan dalam hal  makanan, pemilik golongan darah B secara alami juga memiliki tingkat metabolisme yang lebih tinggi, sehingga mereka hanya membutuhkan sedikit olahraga agar tubuh mereka tetap langsing.
Bahan Makanan yang Dapat Dipilih
Bagi pemilik golongan darah B, ada beberapa jenis daging yang dapat dipilih seperti daging kelinci, rusa, kambing dan domba. Jika Anda lebih menyukai seafood, pilihlah ikan yang biasa hidup di perairan dalam seperti ikan kod, salmon atau halibut. Dalam hal biji-bijian, Anda dapat memilih nasi dan milet, sedangkan untuk roti, pilihlah roti coklat dan kue yang berasal dari beras. Pilihan yang baik untuk sayuran dan buah-buahan adalah sayuran berdaun hijau seperti bayam, serta buah-buahan tropis seperti pisang, pepaya dan nanas. Jika Anda memiliki golongan darah B, Anda mempunyai pilihan yang lebih banyak pada produk-produk susu seperti keju, yogurt, dan susu. Anda dapat menikmatinya sesering yang Anda inginkan. Tetapi dalam hal minyak, diet golongan darah B mempunyai batasan karena hanya boleh mengkonsumsi minyak zaitun murni yang harganya lebih mahal.
Bahan Makanan yang Diperbolehkan
Diet golongan darah B masih diperbolehkan untuk mengkonsumsi beberapa jenis daging seperti daging sapi dan kalkun meskipun keduanya tidak terlalu bermanfaat. Pemilik golongan darah B juga diperbolehkan melahap berbagai jenis seafood, biji-bijian, roti, ssayuran, atau produk-produk susu.
Bahan Makanan yang Tidak Diperbolehkan
Ada beberapa bahan makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh pemilik golongan darah B, misalnya daging ayam, karena daging ayam mengandung lektin yang dapat mengganggu kinerja insulin dalam tubuh. Beberapa jenis seafood seperti kerang, ikan teri, ikan bass, belut, siput, gurita dan telur ikan beluga sulit untuk dicerna dengan baik oleh pemilik golongan darah B. Meskipun Anda diperbolehkan menyantap hampir semua produk susu, Anda harus menghindari keju amerika, blue cheese, dan es krim. Dalam menjalani diet golongan darah B, Anda harus menghindari kacang-kacangan dan buncis, karena bahan makanan tersebut dapat memperlambat metabolisme yang akhirnya dapat menyebabkan berat badan Anda naik. Makanan dari gandum dan jagung seperti roti, sereal atau mi juga tidak diperbolehkan karena dapat menimbulkan rasa lelah dan memperlambat metabolisme. Tomat yang mengandung beberapa bahan kimia sehingga dapat menimbulkan radang pada perut juga harus disingkirkan dari daftar makanan Anda. Makanan lain yang juga harus dihindari adalah zaitun yang dapat menimbulkan reaksi alergi, serta rubarb, belimbing dan delima, karena dapat membuat perut Anda sakit.
Berolahraga
Jika Anda menginginkan diet cepat untuk menurunkan berat badan, Anda harus mengimbangi pola makan Anda dengan olahraga. Untuk mencapai tujuan ini lakukanlah olahraga ringan secara teratur seperti berjalan-jalan agar kesehatan Anda tetap terjaga dan memiliki banyak energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.
Hal terpenting yang perlu Anda perhatikan adalah keseimbangan makanan. Diet yang Anda lakukan harus melibatkan semua kelompok makanan yang diperlukan oleh tubuh agar Anda berhasil mencapai tujuan yang Anda inginkan serta dapat menjaga kesehatan Anda dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar