Minggu, 19 Februari 2012

ALIRAN PENDAPATAN DAN SYARAT KESEIMBANGAN

Campur tangan pemerintah dalam perekonomian akan menimbulkan tiga jenis aliran baru dalam sirkulasi aliran pendapatan. Ketiga jenis aliran yang baru adalah :
1.      Pembayaran pajak oleh rumah tangga dan perusahaan kepada pemerintah. Pembayaran pajak tersebut menimbulkan pendapatan kepada pihak pemerintah. Ia merupakan sumber pendapatan yang terutama.
2.      Aliran baru yang kedua adalah pengeluaran dari sektor pemerintah ke sektor perusahaan. Aliran ini menggambarka nilai pengeluaran pemerintah ke atas barang-barang dan jasa-jasa yang diproduksikan oleh sektor perusahaan.
3.      Aliran yang ketiga adalah aliran pendapatan dari sektor pemerintah ke sector rumah tangga. Aliran ini timbul akibat dari pembayaran konsumsi faktor- faktor produksi yang dimiliki sektor rumah tangga oleh pemerintah.
Dengan adanya tiga aliran tersebut corak aliran pendapatan dalam perekonomian tertutup dapat dilihat bahwa dalam suatu perekonomian tertutup ciri-ciri pokok dari aliran-aliran pendapatan dan pengeluaran adalah sebagai berikut :
1.      Pembayaran oleh sektor perusahaan sekarang dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu pembayaran kepada sector rumah tangga sebagai pendapatan kepada factor-faktor produksi, dan pembayaran pajak pendapatan perusahaan kepada pemerintah
2.      Pendapatan yang diterima rumah tangga sekarang berasal dari dua sumber : dari pembayaran gaji dan upah, sewa, bunga dan untung oleh perusahaan, dan dari pembayaran gaji dan upah pemerintah.
3.      Pemerintah menerina pandangan berupa pajak dari perusahaan dan rumah tangga. Pendapatan tersebut akan digunakan unk membayar gaji dan upah pegawai-pegawai untuk membeli barang-barang dan jasa-jasa.
4.      Pendapatan yang diterima rumah tangga ( Y ) akan digunakan untuk memenuhi tiga kebutuhan : membayar dan membiayai pengeluaran konsumsi ( C ), disimpan sebagai tabungan ( S ) dan membayar pajak pendapat rumah tangga ( T ).  Dalam persamaan : Y = C + S + T.
5.      Dalam gambaran tersebut tetap dimisalkan bahwa tabungan rumah tangga dipinjamkan oleh lembaga-lembaga keuangan kapada para pengusaha yang menanam modal.
6.      Pengeluaran agregat (AE) telah menjadi bertambah banyak jenisnya, yaitu disamping pengeluaran konsumsi (C) dan Investasi (I), sekarang termasuk pula pengeluaran pemerintah (G). dalam persamaan AE = C + I + G.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar