Jumat, 17 Februari 2012

JENIS HAMSTER


Dua jenis hamster yang termasuk dalam Phodopus genus (campbel, winter white and roborovski) dan Cricetulus genus (hamster cina). Spesies dari genus Phodopus terkecil, dengan badan 5,5-10,5 cm (sekitar 2 sampai 4 inci) panjang, yang terbesar adalah hamster umum (Cricetus cricetus), berukuran sampai dengan 34 cm (sekitar 13,5 inci) panjang, tidak termasuk ekor pendek sampai dengan 6 cm (2-1/4 inci). Hamster anggora, juga dikenal sebagai berambut panjang atau Teddy Bear hamster, yang merupakan jenis Hamster Syrian adalah jenis hamster kedua terbesar, berukuran sampai dengan 18 cm (sekitar 7 inci) panjang.
Hamster memiliki penglihatan yang buruk, mereka rabun jauh dan buta warna. Namun, mereka memiliki indera penciuman dan dapat mendengar dengan sangat baik. Hamster bisa menggunakan akal mereka penciuman untuk mendeteksi jenis kelamin, menemukan makanan, dan mendeteksi ubsur kimia tubuh. Mereka juga sangat sensitif terhadap suara bernada tinggi dan dapat mendengar dan berkomunikasi dalam rentang ultrasonik.
Ekor hamster terkadang sulit untuk melihat, biasanya tidak terlalu panjang (sekitar 1/6 panjang tubuh mereka) dengan pengecualian dari hamster kerdil (dwarf) cina yang ekor panjang yang sama seperti tubuh. Pada hamster berambut panjang itu nyaris tak terlihat. Hamster sangat fleksibel, dan tulang mereka agak rapuh. Mereka sangat rentan terhadap perubahan suhu yang cepat dan mendadak, serta sangat panas atau dingin. Hamster akan makan kotoran mereka sendiri untuk mencerna makanan mereka untuk kedua kalinya. Praktek ini disebut coprophagy dan sangat diperlukan untuk hamster untuk mendapatkan nutrisi yang tepat dari makanan tersebut.
Hamster adalah omnivora. Mereka makan banyak hal, dan meskipun mereka secara teratur harus diberikan diet makanan hamster normal, hal ini menyenangkan bagi pemilik dan hamster untuk bereksperimen dengan hal-hal lain, seperti sayuran, buah-buahan (meskipun ini harus dibuang setelah sayuran menjadi busuk) biji-bijian dan kacang-kacangan.
Salah satu ciri tikus yang sangat terlihat pada hamster adalah gigi seri tajam. Mereka memiliki dua pasang di depan mulut dan gigi seri ini tidak pernah berhenti tumbuh dan dengan demikian harus secara teratur mengasah giginya supaya tidak terlalu panjang. Hamster membawa makanan dalam kantong pipi luas mereka dan membawa ke ruang bawah tanah yang mereka siapkan unutk penyimpanan. Ketika penuh, pipi mereka dapat membuat kepala mereka dua kali (atau bahkan tiga kali) lebih besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar